Translate

Senin, 03 Februari 2014

#SISTEM PENGENDALI FLY BY WIRE PADA PESAWAT TERBANG


Dimasa sekarang ini untuk dapat terbang, pesawat menggunakan teknologi sistem kendali yang terkomputerisasi atau biasa disebut Sistem fly by wire (FBW).
 Istilah fly by wire atau yang bisa diartikan terbang dengan kabel ini dengan cara gerakan kontrol penerbangan dikonversi ke sinyal elektronik dikirimkan oleh kabel dan penerbangan komputer kontrol menentukan bagaimana memindahkan aktuator pada setiap permukaan kontrol untuk memberikan respon memerintahkan.
 Sistem fly by wire juga memungkinkan sinyal otomatis yang dikirim olehkomputer pesawat untuk melakukan fungsi masukan pilot seperti dalam sistem yang secara otomatis membantu menstabilkan pesawat.
Fly by wire sistem cukup kompleks, tapi operasi mereka dapat dijelaskan dengan sederhana. Ketika pilot bergerak kolom kontrol (atau sidestick), sinyal dikirim ke komputer (analog dengan memindahkan game controller) sinyal dikirim melalui beberapa kabel (saluran) untuk memastikan bahwa sinyal mencapai komputer.
Triplex adalah ketika ada tiga saluran yang digunakan. Komputer menerima sinyal, melakukan perhitungan (menambah tegangan sinyal dan membagi dengan jumlah sinyal yang diterima untuk menemukan rata-rata rata-rata tegangan) dan menambahkan saluran lain.
Sinyal Quadruplex Keempat kemudian dikirim ke permukaan kontrol aktuator , dan permukaan mulai bergerak. potensiometer di aktuator mengirim sinyal kembali ke komputer (biasanya tegangan negatif) melaporkan posisi aktuator. Ketika aktuator mencapai posisi yang diinginkan, kedua sinyal (masuk dan keluar) membatalkan satu sama lain dan aktuator berhenti bergerak. Dapat digambarkan struktur sistem fly by wire seperti gambar dibawah ini:
Gambar 1. Sistem kontrol Fly by wire

Gambar 2. Fly by wire pada pesawat
Teknologi sistem fly by wire memiliki beberapa manfaat, yaitu :

1. Fleksibilitas
Sistem elektronik fly by wire bisa beraksi dengan fleksibel terhadap perubahan kondisi aerodinamika. Caranya adalah dengan menyesuaikan pergerakan bidang kontrol pesawat sehingga reaksi pesawat terbang terhadap kontrol input sesuai dengan kondisi penerbangan. Selain itu, sistem elektronik membutuhkan perawatan yang lebih mudah tidak memerlukan pelumasan, penyesuaian tegangan, pemeriksaan kebocoran, dll.

2. Keamanan
Teknologi ini dinilai mampu meningkatkan keamanan penerbangan yang lebih baik. Dengan fly by wire komputer bisa sewaktu waktu mengambil alih kemudi pesawat jika tiba tiba pilot lengah sekaligus mengoreksi terhadap human error yang dilakukan pilot.

3. Stabilitas
Pesawat akan lebih ringan karena perangkat ini dapat mengurangi beberapa sistem mekanikal hidrolik. Selin itu pesawat memiliki tingkat bermanuver yang lebih baik.

4. Penghematan beban
Bobot pesawat menjadi lebih ringan karenaberat keseluruhan komponen sistem yang lebih ringan dan aerodinamika alami yang lebih stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar